Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuka Task Manager Di Semua Seri Windows [100% Work]

6 Cara Membuka Task Manager Di Semua Seri Windows [100% Work]

Task Manager adalah salah satu layanan bawaan Windows yang bisa dikatakan sangat berguna untuk memonitor dan mengontrol berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh komputer anda.

Dengan adanya Task Manager ini maka semua aktivitas yang sedang anda lakukan di komputer bisa di kontrol dengan baik, seperti melakukan monitor dan kontrol pada penggunaan RAM, Data Internet, CPU, maupun Program aplikasi yang sedang berjalan.

Task Manager juga bisa digunakan untuk mengatasi program aplikasi yang error, hang, lag, maupun lemot. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan program aplikasi tersebut secara paksa.

Nah karena fungsi dan kegunaan dari layanan Task Manager ini sangat bermanfaat untuk membantu user melakukan kontrol dan monitor pada PC, maka anda juga harus mengetahui cara-cara untuk membuka layanan Task Manager ini.

Ya, walaupun terlihat sepele, tentu saja ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana sih cara membuka layanan Task Manager in?

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 6 cara mudah yang bisa anda lakukan untuk membuka Task Manager secara cepat di semua jenis Windows. Berikut enam cara tersebut:


1. Kombinasi CTRL+ALT+DEL

Cara pertama yang sering dan paling umum digunakan untuk dapat masuk ke Task Manager adalah dengan melalui shortcut CTRL+ALT+DEL.

Cara yang pertama ini sangat mudah dilakukan, sebab anda hanya perlu menekan kombinasi CTRL+ALT+DEL secara bersamaan.

Setelah itu anda akan diarahkan ke menu Windows Start Task Manager, dimana didalam menu ini terdapat beberapa pilihan, yaitu:
  • Task Manager
  • Lock
  • Switch User
  • Sign Out
  • Change Password
Nah karena tujuan kita menggunakan kombinasi CTRL+ALT+DEL adalah agar bisa masuk ke menu Task Manager, maka silahkan anda klik pada pilihan Task Manager.

Tapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa kombinasi CTRL+ALT+DEL ini tidak selalu bisa digunakan untuk masuk ke Task Manager.

Mungkin ada beberapa hal yang membuat kombinasi tombol ini tidak berfungsi, bisa karena di non-aktifkan secara tak sengaja maupun terkena virus.

Oleh sebab itu, jika kombinasi CTRL+ALT+DEL ini tidak berfungsi, maka anda bisa mencoba cara-cara lainnya dibawah ini.


2. Kombinasi CTRL+SHIFT+ESC

Hampir sama dengan cara yang pertama, kombinasi lain yang bisa anda gunakan untuk dapat masuk ke Task Manager adalah CTRL+SHIFT+ESC. Cara kerja shortcut ini juga hampir sama dengan CTRL+ALT+DEL.

Yang membedakan adalah jika anda menggunakan kombinasi CTRL+SHIFT+ESC maka Task Manager akan terbuka secara otomatis, tanpa perlu memilih beberapa opsi seperti cara yang pertama tadi.

Jadi intinya, dengan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+ESC ini anda bisa langsung masuk ke Task Manager tanpa perlu melalui menu Windows Start Task Manager seperti cara pertama diatas.


3. Klik Kanan Taskbar

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk bisa membuka Task Manager adalah dengan cara klik kanan pada area Taskbar.

Taskbar itu sendiri adalah bar (batang) horizontal atau vertikal yang tampak pada tepi bawah atau samping desktop PC

Fungi dari Taskbar sendiri adalah untuk menjalankan atau memonitor aplikasi desktop yang sedang berjalan.

Nah jadi untuk masuk ke Task Manager juga bisa dilakukan melalui Taskbar ini.

Caranya adalah dengan mengarahkan kursor mouse pada area Taskbar, lalu silahkan lakukan klik kanan maka akan tampil beberapa opsi disana. Silahkan langsung saja pilih Task Manager.


4. Run "taskmgr"

Membuka Task Manager juga bisa dilakukan melalui layanan Run, caranya adalah dengan menekan kombinasi tombol Windows+R, lalu ketik perintah "taskmgr" tanpa tanda petik.

Cara ini bisa dikatakan cukup simpel dan mudah untuk dilakukan, sebab anda hanya perlu memasukkan perintah "taskmgr" saja.

Setelah itu klik OK atau Enter dan secara otomatis Task Manager akan terbuka.


5. Melalui Start Menu

Task Manager juga bisa diakses dengan mudah melalui Start Menu, namun caranya cukup panjang karena anda harus membuka beberapa menu yang ada.

Caranya yaitu dengan masuk ke Start Menu lalu pilih All Program/ All Apps, kemudian klik pada folder Windows System dan pilih Task Manager.


6. Melalui Taskmgr.exe

Taskmgr.exe adalah sebuah program bawaan Windows, dimana fungsi dari program taskmgr.exe itu sendiri adalah untuk membuka layanan Task Manager.

Untuk menemukan program taskmgr.exe itu sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke Windows Explorer dan silahkan anda masuk ke C:\Windows\System32 kemudian cari dan temukan program aplikasi taskmgr.exe

Jika anda merasa kesulitan dalam menemukan program tersebut, maka anda bisa mencarinya melalui menu Search yang ada di bilah pojok kanan atas.

Nah jika sudah ketemu, silahkan double klik pada program taskmgr.exe tersebut, maka secara otomatis Task Manager akan terbuka.


Penutup

Itu dia 6 cara mudah untuk membuka layanan Task Manager. Anda bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai keinginan anda. Dan enam cara diatas juga work alias bekerja dengan baik di semua versi Windows.

Jadi anda bisa dengan bebas mengakses dan membuka layanan Task Manager kapan saja anda mau.

Semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda ya, dan jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari blog ini ya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membuka Task Manager Di Semua Seri Windows [100% Work]"