Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah RAM komputer

     Sejarah RAM komputer di awali dengan di ciptaknnya memori oleh Robert Dennard, sehabis itu Intel memproduksi RAM untuk pertama kalinya pada tahun 1968. RAM lebih dini dibuat apalagi jauh saat sebelum temuan Komputer pada tahun 1981.Setelah pc diciptakan, pertumbuhan RAM diawali. Diperlukan tegangan sebesar 5. 0 volt pada waktu RAM mulai dibuat sehingga RAM dapat bekerja dengan frekuensi sebesar 4. 77 Mhz.

     Memori komputer ataupun RAM singkatan dari Random Access Memory merupakan salah satu komponen pc, laptop ataupun gadget yang sangat berarti. Tanpa kompunen ini nyatanya kita tidak dapat mengelola, ataupun melaksanakan aplikasi serta permainan. Dengan pertumbuhan Komputer ataupun pc yang lumayan pesat hingga saat ini,menhadikan semua komponen-komponen di dalamnya pun mengalami perkembangan pesat juga tak terkecuali RAM itu sendiri.

Sejarah RAM komputer
Sejarah RAM komputer

     RAM mempunyai fungsi untuk menampung pengelolaan informasi atau data sementara. Sekalipun Kamu mempunyai Komputer dengan prosessor kecepatan besar namun jika memori RAMnya kecil,akan terjadi ketidak seimbangan dalam perangkat komputer tersebut sehingga kinerja komputer terhambat.oleh karena itu semakin besar kecepatan cpu komputer wajib diimbangi oleh kecepatan dan kapasitas RAM itu sendiri.ketika kita Membicarakan soal RAM, kita juga wajib tahu hal apa saja yang berhubungan dengan memori komputer tersebut.Speed ataupun kecepatan ialah perihal berarti dalam RAM.Kecepatan RAM dinyatakan dengan hitungan Megahertz( MHz).

     Berikut list lengkap sejarah pertumbuhan, penafsiran serta jenis RAM dari pertama kali diciptakan sampai sekarang :

DRAM( Dynamic Random Access Memory)

     Di mengadakan oleh industri IBM pada tahun 1970. Mempunyai kecepatan antara 4, 77 MHz hingga dengan 40 MHz.

FPM DRAM( Fast Page Fashion DRAM)

     Diciptakan pada tahun 1987, lebih diketahui dengan nama FPM. FPM sendiri mempunyai kecepatan antara 16 MHz hingga dengan 66 MHz.

EDO DRAM( Extended Informasi Output Dynamic Random Access Memory)

     Terciptanya EDO DRAM sebagai penyempurnaan dari model sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh pc dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi awal yaitu intel pentium 1 menggunakan ram jenis ini

SD RAM( Synchoronous Dynamic RAM)

     Pada tahun 1996 serta 1997 timbul SD RAM Komputer 66. Komputer 66 berarti RAM ini mempunyai kecepatan 66 MHz. Setelah itu timbul lagi SD RAM Komputer 100 yang digunakan buat pc pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM Komputer 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan jadi Komputer 150.

RD RAM( Rambus DRAM)

     Kerap kali di sebut sebagai DRDRAM ataupun pula Rambus memory ialah tipe ram yang mempunyai kecepatan sangat besar pada masa itu. RAM tipe ini dapat mengalirkan informasi 1GB/ s. Lumayan jauh apabila dibanding dengan SDRAM.

DDR SDRAM( double informasi rate synchoronous RAM)

     Pada tahun 1999, 2 industri prosessor yang saling bersaing ialah AMD serta Intel tingkatkan kecepatan clock prosesornya.kejadian ini berefek kepada kebutuhan RAM yang dapat mengimbangi keahlian prosesor tersebut. Buat menanggulangi permasalahan tersebut hingga di mengadakan DDR SDRAM ataupun yang lebih diketahui dengan RAM jenis DDR1. Biasanya buat prosesor pentium III hingga dengan pentium IV.

DDR2 SDRAM

     Pengembangan berlanjut ke tipe terkini. RAM ini muncul ke pasaran pada tahun 2005. DDR2 mempunyai kecepatan lebih baik. RAM jenis DDR2 juga dikala ini masih banyak tersebar meski untuk kapasitas 2GB sangat susah buat ditemui di pasaran apalagi untuk yang 4GB,kalaupun anda menemuinya itu hanya untuk AMD prosessor. Meski terdapat biayanya cukup mahal, apalagi setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari intel prosessor generasi pentium IV hingga dengan generasi Core Duo dan AMD am2 hingga Am3. RAM jenis ini memerlukan energi sebesar 1, 8 Volt.

DDR3 SDRAM

     Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali tipe RAM terkini ialah DDR3 SD RAM. Memerlukan energi cuma 1,5Volt. Keahlian yang lebih baik begitu pula lebih irit energi membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Tetapi harganya pada waktu itu cukuplah mahal membuat RAM ini belum diminati orang untuk di beli. Barulah pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna pc.Untuk kala itu harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada intel prosesor Core Duo hingga dengan Core i7.

DDR4 SDRAM

     RAM jenis ini dirilis pada tahun 2014 tetapi nyatanya baru dapat digunakan pada tahun 2015 ialah RAM jenis sangat baru saat ini.untuk harganya sendiri sudah mulai terjangkau dibandingakan pada saat awal-awal dipasarkan.

RAM tipe manakah yang sangat sempurna buat suatu Komputer Pc?

     Jauhi mencari RAM berjenis DDR2 untuk merakit suatu pc.Kami lebih menganjurkan untuk memakai RAM jenis DDR3 jika memang budget untuk merakit sangat terbatas. Stoknya telah tentu berlimpah dipasaran baik itu keadaan baru ataupun second.Untuk anda yang memiliki budget sekitar 3 juta keatas RAM jenis DDR4 lebih baik selain terkini kita jadi memiliki waktu pakai yang panjang,sehingga tidak terlalu ketinggalan jaman.

Berapakah RAM sempurna buat dikala ini?

     Jadi, apabila Kamu berencana membeli pc ataupun laptop baru ataupun apalagi mengupgrade pc ataupun laptop Kamu, Kamu lumayan memilah RAM 16GB saja sebab RAM ini telah memadai buat multitasking serta kebutuhan komputasi yang lain. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan serta budget yang Kamu miliki. Meski sesungguhnya 8GB masih dibilang lumayan. Tetapi buat mempersiapkan aplikasi yang akan datang lebih baik memakai RAM 8GB ataupun lebih. 

Posting Komentar untuk "Sejarah RAM komputer"