Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Prosesor Komputer

 

Apa itu Prosesor dan Fungsinya

     Prosesor merupakan komponen pc yang berperan sebagai otak yang melaksanakan proses serta pengendali kerja komputer dengan mengendalikan proses kerja komponen-komponen komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor untuk saat ini adalah Mhz(Mega Heartz) ataupun Ghz(Giga Heartz) semakin tinggi kecepatan suatu prosesor maka semakin cepat juga dalam pemrosesan data,begitu juga dengan jumlah core dan thread yang sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu prosesor.dalam perkembangannya prosesor tidak hanya di gunakan pada perangkat komputer saja tetapi hampir semua perangkat yang menggunakan sistem pintar memakai prosesor seperti smartphone,robotik,smart cleaner dll

     Dengan kapasitas prosesor yang besar serta didukung oleh memori (RAM) yang besar juga maka akan menjadikan suatu pekerjaan diproses dengan cepat oleh komputer. Prosesor juga sering di sebut chip atau juga  Microprocessor.berikut bagian-bagian utama dari proseor:

  • Control Unit( CU) : pengaturan lalu lintas data pada prosesor seperti input dan output
  • Memory Unit( MU) : tempat penyimpanan pada prosesor yang memiliki kecepatan akses tinggi
  • Arithmatics Logical Unit( ALU) : Melakukan perhitungan aritmatika yang terjadi pada prosesor sesuai dengan instruksi program.

      Fungsi prosesor dalam suatu Perangakat sangat vital,ini karena prosesor menentukan kecepatan suatu komputer.Prosesor menerima data kemudian diolah dan mengeluarkan hasil dari olah datanya.

     Kerja suatu prosesor saling berkaitan dengan komponen komputer yang lainnya, terutama RAM dan harddisk drive (HDD). Fungsi prosesor juga di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor untuk kemudian diolah dan menghasilkan output data yang di inginkan dari pengguna.

Sejarah Prosesor Komputer
Prosesor komputer



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Prosesor Komputer dari awal ditemukan

      Prosesor yang kita gunakan saat ini sudah sangat cepat sekali.Dalam mencapai kecepatan yang sekarang ini prosesor mengalami perkambangan yang pesat dari generasi awal. berikut kami rangkumkan sejarah generasi prosesor dari generasi 4004 microprocessor yang di gunakan pada mesin penghitung Busicom hingga dengan intel Quad- core Xeon.

     Pertumbuhan processor dimulai oleh processor intel pada dikala itu cuma satu² nya microprocessor yang ada. Namun pada saat ini telah banyak tersebar prosesor dari produsen yang lain, sehingga user telah dapat memperoleh processor yang beraneka ragam sehingga kita punya banyak pilihan untuk membeli prosesor sesuai dengan kebutuhan. 

     Pada tahun 1904, Sir John Ambrose Fleming yang ialah seseorang ilmuwan dari Inggris menciptakan suatu otak buat pc berbentuk tabung Dioda yang lumayan terkenal di jamannya. Hasil penemuan Sir John Ambrose Fleming tersebut kemudian dikembangkan oleh seseorang ilmuwan Amerika bernama Dokter. Lee De Forest, sampai kemudian pada tahun 1906 terciptalah suatu penemuan baru yang di sebut sebagai trioda, setelah itu bersinambung lagi pada penemuan lainnnya berbentuk tetroda serta pentode.

     Dua perangkat yang diketahui dengan sebutan tabung hampa udara (vacum- tube) tersebut bertahan lumayan lama di dunia penciptaan pc. Apalagi sebagian nama pc jadul seperti ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), UNIVAC I serta Harvard Mark yang notabene ialah bagian berarti dalam sejarah pc generasi awal merupakan penemuan fantastis yang memakai tabung hampa udara sebagai otak dalam pengoperasiannya.

     Pada tahun 1956, tabung hampa udara mulai ditinggalkan oleh ilmuwan pc yang bergeser pada transistor sebab mempunyai kelebihan bisa memangkas dimensi mesin jadi lebih kecil di bandingkan dengan tabung hampa udara. Di masa ini jugalah semikonduktor mulai jadi salah satu komponen terutama dalam pembangunan otak untuk pc, dan melahirkan banyak perusahaan- perusahaan besar yang memakainya bagaikan ladang buat berbisnis.

     Masa semikonduktor sendiri mulai memperlihatkan masa- masa keemasannya pada tahun 1960- an, yang mana salah satu industri yang bergerak di bidang ini merupakan Fairchild, suatu industri tempat Robert Noyce serta Gordon Moore bekerja saat sebelum akhirnya mereka memutuskan buat keluar dari industri tersebut serta mendirikan Intel Corporation.

     Pada tahun 1969, Intel yang telah berjalan sepanjang satu tahun di bidang pengembangan semikonduktor merilis produk perdananya berbentuk RAM statik 1101, ini ialah MOS (Metal Oxide Semi- Conductor) awal di dunia. Produknya tersebut kembali menemukan pengembangan yang pada akhirnya melahirkan suatu produk baru dengan nama Schottky bipolar 64- bit static random access memory( SRAM) 3101.

     Dua produk andalan Intel tersebut sanggup membuat mereka dilihat sebagai industri baru yang potensial, dan menarik keinginan banyak investor untuk mengajak kerja sama. Salah satu industri yang akhirnya mengajak Intel sebagai produsen semikonduktor untuk bekerja sama merupakan Nippon Calculating Machine Corporation( NCMC), yang secara spesial meminta agar Intel merancangkan 12 chip khusus.

     Rencananya 12 chip tersebut akan digunakan sebagai prosesor dari produk kalkulator Busicom 141- PF. Insinyur Intel pada saat itu mempunyai suatu ide untuk meringkas chip prosesor mereka dari yang sebelumnya 12 chip jadi cuma 4 chips saja, dimana salah satu chipnya diprogram supaya bisa digunakan buat bermacam fitur sekaligus.Ide inilah yang nantinya secara mengejutkan bakal tumbuh menjadi suatu tanda- tanda untuk segera diakhirinya masa memori magnetis, berubah pada kemunculan suatu teknologi baru yang nantinya hendak diucap dengan nama‘ processor’.

     Pendek kata, Intel pada akhirnya sukses merancang 4 chip pintar yang diberi nama penciptaan MCS- 4.Sadar kalau chip tersebut mempunyai masa depan yang terang, Intel kesimpulannya mengambil kembali hak atas desain MCS- 4 dengan metode membelinya dari Nippon Calculating Machine Corporation( NCMC)



Posting Komentar untuk "Sejarah Prosesor Komputer"