Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah android dan perkembangannya

Sejarah android dan perkembangannya

Sejarah android, terdapat pembaharuan Sejarah android serta perkembangannya( amati serta baca hingga berakhir ya) Sebab pesatnya pertumbuhan teknologi android hingga kita wajib ketahui sejarah serta pertumbuhan android pastinya. Terus menjadi menjamurnya hp di Indonesia berusia ini membuat seluruh orang jadi edan teknologi. Apalagi anak SD juga saat ini mulai bawa gadget selaku sahabat setianya. Serta dari tiap pasar hp di Indonesia 95% mengenakan teknologi android selaku operating sistemnya.

SEJARAH ANDROID


Android bisa didefinisikan dengan simpel selaku sistem pembedahan hp kamu. Ataupun jika merujuk kepada tante wiki Android merupakan Android merupakan sistem pembedahan yang berbasis Linux buat telepon seluler semacam telepon pintar serta pc tablet. Sejarah android awal kali dibesarkan oleh Android Inc., serta setelah itu di beli oleh Google Inc. sampai tumbuh pesat hingga dikala ini.


Pertumbuhan android yang pesat itu tidak lepas oleh sebagian pengembang yang tergabung dalam Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 industri peranti keras, peranti lunak, serta telekomunikasi, tercantum Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T- Mobile, serta Nvidia. Android awal kali dirilis pada bertepatan pada 5 November 2007 serta dengan statment kalau Android bersama Open Handset Alliance melaporkan menunjang pengembangan standar terbuka pada fitur seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di dasar lisensi Apache, suatu lisensi fitur lunak serta standar terbuka fitur seluler.

Di dunia ini ada 2 tipe distributor sistem pembedahan Android. Awal yang menemukan sokongan penuh dari Google ataupun Google Mail Services( GMS) serta kedua merupakan yang betul- betul leluasa distribusinya tanpa sokongan langsung Google ataupun diketahui selaku Open Handset Distribution( OHD).

Pertumbuhan ANDROID serta Tipe ANDROID

Sejarah android dan perkembangannya
Sejarah android dan perkembangannya

Tipe ANDROID ALPHA

Terdapat 2 tipe android yang di luncurkan saat sebelum timbulnya android beta. Tipe ini diberi nama kode" Astro Boy"," Bender", serta" R2- D2", dinamai bersumber pada nama- nama robot fiksi. Serta Morrill merancang logo Android awal, tetapi logo robot hijau yang jadi maskot Android dikala ini dirancang oleh Irina Blok. Ryan Gibson, Manajer proyek Android Inc. menghadirkan skema penamaan bersumber pada nama- nama penganan manis yang setelah itu diterapkan dalam seluruh tipe Android, diawali dengan Android 1. 5 Cupcake pada bulan April 2009.

Android 1. 0( Astro)


Android Astro awal kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sesungguhnya Android tipe awal ini hendak dinamai dengan nama“ Astro” tetapi sebab alibi hak cipta serta trademark nama” Astro” tidak jadi disematkan pada tipe awal dari OS Android ini. HTC Dream merupakan ponsel awal yang memakai OS ini.

Android 1. 1( Bender)


Awal kali dirilis pada 9 Februari 2009. Tipe Android Bender ini pula hadapi permasalahan penamaan yang sama dengan tipe pertamanya. Pada awal mulanya Android ini hendak diberi nama“ Bender” hendak namun sebab alibi melanggar trademark, nama“ Bender” tidak jadi disematkan pada tipe Android ini. Awal mulanya tipe OS Android ini dirilis buat fitur T- Mobile G1 saja. Tipe ini ialah pembaharuan buat membetulkan sebagian bugs, mengubah API serta meningkatkan sebagian fitur.

Tipe ANDROID BETA


Awal kali dirilis pada 5 November 2007, setelah itu pada 12 November 2007 Aplikasi Development Kit( SDK) dirilis oleh Google. Trademark utama Android Beta merupakan memakai nama santapan selaku namanya, berbeda dengan gambaran yang kita bayangkan bila mendengar nama android sebab bila kita mendengar kata android pasti gambaran awal yang kita bayangkan merupakan nama robot ataupun yang berhubungan dengan sebutan sistem.

Android Cupcake Tipe Android 1. 5


Android memiliki alpha serta beta buat T- mobile’ s G1 saat sebelum di luncurkan. Android Cupcake merupakan nama tipe awal OS android ini. Dari tipe awal ini android menyuguhkan fitur yang mengasyikkan. Kamu bisa mengupload video ke youtube, ataupun gambar ke picasa dilengkapi widget yang memudahkan kamu dalam mengakses suatu fitur. Android cupcake pula mengaplikasikan keyboard yang menjadikan pengalaman awal mengasyikkan untuk penggunanya. Android cupcake membuat T- mobile G1 jadi suatu yang menarik sampai tahun 2009. Ini cumalah dini yang simpel, android memiliki pekerjaan buat menjadikan suatu OS yang lebih mutahir.

Android Donut- Versi Android 1. 6


Android Donut di luncurkan awal kali pada 15 September 2009. Ada kenaikan pada fitur pencarian serta UI yang lebih user friendly. Pada tipe ini pula telah menunjang teknologi CDMA/ EVDO, 802. 1x, VPNs. Setelah itu support layar dengan resolusi WVGA.

Android Eclair- Versi Android 2. 0


Dirilis awal kali pada 9 Desember 2009. Terjalin akumulasi fitur buat pengoptimalan hardware, kenaikan aplikasi Google Maps 3. 1. 2, pergantian UI dengan browser baru serta sokongan HTML5, catatan kontak yang baru, sokongan flash buat kamera 3, 2 MP, digital Zoom, serta Bluetooth 2. 1. Sebagian tipe updatenya antara Android v. 2. 0 setelah itu v2. 0. 2 serta terakhir v. 2. 1.

Android Froyo- Versi Android 2. 2


Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada tipe ini telah support terhadap Adobe Flash Player 10. 1. Kenaikan pada kecepatan membuka serta menutup aplikasi, dan pemakaian SD Card selaku tempat penyimpanan aplikasi.

Kala Android Froyo muncul mulai timbul banyak dialog yang mangulas menimpa persaingan antara Android dengan iOS yang hendak terus menjadi ketat di masa yang hendak tiba. Sebagian tipe pembaharuan yang dirilis antara lain Android v. 2. 2. 1 sampai v. 2. 2. 3.

Android Gingerbread- Versi Android 2. 3


Android Gingerbread awal kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjalin banyak kenaikan pada tipe Android yang satu ini dibanding dengan tipe tadinya. Dirancang buat mengoptimalkan keahlian aplikasi serta permainan. Dan mulai digunakannya Near Field Communication( NFC).

Revisi terhadap sokongan layar resolusi WXGA serta diatasnya. Sebagian tipe pembaharuan yang dirilis antara lain v. 2. 3. 3 sampai v. 2. 3. 7. Hingga dikala ini Android Gingerbread ialah tipe Android yang mempunyai pengguna paling banyak dibanding dengan seri Android yang lain, ialah menggapai 65% dari segala tipe Android yang dirilis.

Android Honeycomb- Versi Android 3. 0


Ialah tipe Android yang diperuntukan buat gadget/ device dengan layar besar semacam Tablet Komputer; Fitur baru Honeycomb ialah sokongan terhadap prosessor multicore serta grafis dengan hardware acceleration( Tablet awal yang mengenakan Honeycomb merupakan Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011).

Google memutuskan buat menutup sedangkan akses ke source code Honeycomb, perihal ini dicoba buat menghindari vendor pembuat hp menginstall Honeycomb pada smartphone. Sebab di tipe tadinya banyak industri menginstall Android ke dalam tablet Komputer, yang menimbulkan user tidak puas serta kesimpulannya membuat citra Android tidak bagus.

Android Ice Cream Sandwich- Versi Android 4. 0


Android Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google Pengembang Conference( San Francisco) serta formal dirilis pada bertepatan pada 19 Oktober 2011 di Hongkong.“ Android Ice Cream Sandwich” bisa digunakan baik di smartphone maupun tablet. Fitur utama Android ICS 4. 0 yakni Face Unlock, Android Beam( NFC), pergantian major User Interface, serta dimensi layar standar( native screen) beresolusi 720p( high definition). Smartphone awal yang memakai OS android tipe ICS ini merupakan Samsung Galaxy Nexus. Kelebihan Android tipe ini yakni menunjang ataupun support pembaharuan android tipe lama ke tipe android ICS

Android Jellybean- Versi Android 4. 1


Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada kegiatan Google Pengembang Conference kemudian bawa beberapa keunggulan serta fitur baru. Akumulasi baru antara lain tingkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru serta pencarian lewat Voice Search yang lebih kilat. Tidak ketinggalan Google Now pula jadi bagian yang diperbarui. Google Now membagikan data yang pas pada waktu yang pas pula. Salah satu kemampuannya merupakan bisa mengenali data cuaca, lalu- lintas, maupun hasil pertandingan berolahraga. Sistem pembedahan Android Jelly Bean 4. 1 timbul awal kali dalam produk tablet Asus, ialah Google Nexus 7.

Android tipe 4. 2


Pembaharuan tipe andoid ini menunjang fitur photo sphere buat panaroma, daydream selaku screensaver, power control, lock screen widget, melaksanakan banyak user( dalam tablet saja), widget terkini. Android 4. 2 Awal kali dikenalkan lewat LG Google Nexus 4

Android tipe 4. 3


Ialah update dari android jelly bean tadinya dimana luncurkan terdapat pada 24 Juli 2013 di San Francisco. Nexus 7 generasi 2 merupakan Smartphone awal yang memakai OS tersebut.

Android Kitkat- Versi Android 4. 4


Setahun lebih hingga Android merilis tipe selanjutnya( walaupun Jellybean itu terus ditingkatkan sampai masa panas 2013) serta meluncurkan KitKat pembaruan dengan Nexus 5 pada Halloween tahun 2013. Android 4. 4 KitKat luncurkan pada bertepatan pada 3 September 2013.

Walaupun pada awal mulanya di beri nama“ Key Lime Pie”(“ KLP”), nama itu berganti sebab“ sangat sedikit orang betul- betul ketahui rasa key lime pie.” Sebagian blogger teknologi pula mengharapkan luncurkan“ Key Lime Pie” jadi Android 5. Android KitKat mengawali debutnya pada Google Nexus 5 pada bertepatan pada 31 Oktober 2013, serta dimaksimalkan buat berjalan pada rentang yang lebih besar dari fitur dari tipe Android tadinya, mempunyai 512 MB RAM selaku minimum yang dianjurkan.

Android Lollipop- Versi Android 5. 0


Android Lollipop merupakan tipe normal terkini dengan tipe antara 5. 0 serta 5. 1. Ditetapkan pada 25 Juni 2014 dikala Google I/ O, serta ada secara formal lewat over- the- air( OTA) pembaharuan pada bertepatan pada 12 November 2014, buat memilah fitur yang melaksanakan distribusi Android dilayani oleh Google( semacam fitur Nexus serta Google Play edition).

Salah satu pergantian yang sangat menonjol dalam luncurkan Lollipop merupakan user interface yang didesain ulang serta dibentuk dengan yang dalam bahasa desain diucap selaku“ material design”. Pergantian lain tercantum revisi pemberitahuan, yang bisa diakses dari lockscreen serta ditampilkan pada banner di bagian atas screen.

Google pula membuat pergantian internal buat platform, dengan Android Runtime( ART) secara formal mengambil alih Dalvik buat tingkatkan kinerja aplikasi, serta dengan pergantian yang diperuntukan buat tingkatkan serta memaksimalkan pemakaian baterai, yang diketahui secara internal selaku Project Volta.

Android Marshmallow- Versi Android 6. 0


Android tipe ini( marshmallow) dinilai tidak banyak perubahaan dari Android tadinya, tetapi walaupun begitu sedikit pergantian yang terdapat di Android Marshmellow nampak luar biasa, tercantum metode baru menanggulangi izin aplikasi, sokongan sensor sidik jari baru serta ditingkatkan Google Now, serta sah certificate. Pula memperpanjang waktu pemakaian baterai Google dengan Doze serta bundling di Sensor Android Hub di smartphone terkini Nexus, yang berarti Kamu hendak menemukan energi tahan baterai seharian tanpa butuh menghasilkan kabel pengisian.

Andriod Nougat- Android Tipe 7. 0


Nougat merupakan tipe Android termutakhir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul pengembang Google I/ O, pertengahan 2016 ini. Sebagian lama setelahnya, Google memperkenalkan Nougat secara formal buat publik. Pembaruan sangat mendasar pada tipe Nougat merupakan kedatangan Google Assistant yang mengambil alih Google Now. Asisten digital tersebut lebih dapat diandalkan buat melaksanakan bermacam guna.

Fitur- fitur baru yang lain mencakup layar split- screen dikala dipakai multitasking, dan fitur Doze yang sudah dikenalkan di tipe Android Marshmallow tetapi sudah ditingkatkan. Android Nougat pula mempunyai sokongan terhadap platform virtual reality terkini Google.

Android Oreo- Android Tipe 8. 0


Android Oreo merupakan tipe kedelapan dari sistem pembedahan Android mobile. Android Oreo awal kali dirilis dalam sesi pratinjau pengembang pada bertepatan pada 21 Maret 2017. Pratinjau pengembang kedua dirilis pada 17 Mei 2017, serta ini dikira selaku mutu beta serta preview pengembang ketiga dirilis pada bertepatan pada 8 Juni 2017 serta menuntaskan API. Pada 24 Juli 2017, pratinjau pengembang keempat dirilis yang mencakup sikap sistem akhir serta revisi bug serta pengoptimalan terkini.

Sehabis melewati keempat tahapan pratinjau pengembang, Android Oreo formal dirilis ke publik pada bertepatan pada 21 Agustus 2017. Memanglah Belum seluruh pengguna dapat menjajal Oreo, tetapi jajaran fitur Android ditentukan hendak memperoleh pembaruan ke OS tersebut pada tahun ini.

Android Oreo mempunyai sebagian kelebihan serta kecanggihan dibanding dengan generasi tadinya, semacam Picture in picture ialah dapat melaksanakan video call dikala menyaksikan video, update system keamaan yang lebih mutahir, tampilan menu setting yang lebih sederhana, pengaturan baterai lebih terperinci sehingga membolehkan kita buat lebih hemat baterai, serta masih banyak lagi.

Android Pie- Android Tipe 9. 0


Awal kali dikenalkan Google pada bertepatan pada 7 Maret 2018 serta masih dalam tahapan pratinjau awal. Tahapan Pratinjau kedua dirilis pada bertepatan pada 8 Mei 2018 serta masih dalam mutu BETA. Sesi pratinjau ketiga dirilis 6 Juni 2018 serta diketahui pula dengan mutu BETA 2. Sesi Pratinjau keempat diucap pula mutu BETA 3 dirilis bertepatan pada 2 Juli 2018 serta Sesi BETA akhir Android Pie dirilis 25 Juli 2018.

Secara formal Android tipe 9. 0 dirilis ke publik pada bertepatan pada 6 Agustus 2018 dengan nama Android Pie. Gadget awal yang“ menikah” dengan Android Pie merupakan Sony Xperia XZ3. Android Pie memiliki sebagian kelebihan dibanding dengan android tipe tadinya. Sebagian fitur Android Pie merupakan Edit screenshot, Digital Wellbeing, Lockdown, navigasi berbasis gesture, Adaptive battery serta Kunci Rotasi.


Handphonemu mengenakan operating system android tipe berapa? Tulis di kolom pendapat ya? Mohon share melalui tombol di dasar ini bila postingan Sejarah Android serta perkembangannya ini berguna, terima kasih..

Posting Komentar untuk "Sejarah android dan perkembangannya"