Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

Komputer yang kita pakai saat ini merupakan hasil perkembangan teknologi puluhan tahun yang lalu. 

Secara universal, sejarah perkembangan komputer dibagi jadi 2 sesi ialah saat sebelum 1940 serta sehabis 1940. Pada 1940, komputer modern awal mulai dibesarkan. Komputer ini belum sehebat komputer yang kita pakai saat ini, tetapi lebih mutahir dari pendahulunya.

Dirangkum dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut rangkuman sejarah komputer dari 1940- 1959! 

Keperluan perang

Komputer modern awal dibesarkan untuk keperluan perang. Kala itu, Perang Dunia II lagi berkecamuk di antara negara- negara Barat.Di pihak Blok Poros, pada 1936 Konrad Zuse dari Jerman menciptkan Z1, komputer dengan biner digital yang memakai pita berlubang. Pada 1943, Zuse sukses meningkatkan Z3 untuk merancang pesawat terbang serta peluru kendali. Sedangkan di Blok Sekutu, terdapat ilmuwan Inggris Alan Turing.

Pada tahun yang sama, Turing meningkatkan Turing Machine yang sanggup mencerna informasi dengan algoritma tertentu. Mesin Turing digunakan untuk memcahkan kode yang dikirimkan Angkatan Laut Jerman. 

ENIAC, EDVAC, serta UNIVAC 

Sedangkan di Amerika Serikat, perkembangan komputer berlangsung pesat. Profesor Harvard University, Howard Aiken, merancang komputer digital yang diberi nama Mark I. Aiken bekerja sama dengan Angkatan Laut AS untuk meningkatkan komputer ini pada 1943. Mark I besarnya dekat separuh lapangan bola. Kabel yang digunakan menggapai 1, 5 km. Mark I sanggup melaksanakan 3 penjumlahan aritmatika per detik. 3 tahun setelahnya, pada 1946, John W Mauchly serta John Presper Eckert dari Moore School of Electrical Engineering( University of Pennsylvania), sukses membuat komputer yang 1. 000 kali lebih kilat dari Mark I.

ENIAC,Komputer Generasi pertama
ENIAC Komputer generasi pertam


Komputer yang diberi nama Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) ini sangat besar. Satu komputer terdiri dari 18. 000 tabung vakum, 70. 000 resistor, serta 5 juta titik solder. ENIAC memerlukan ruangan sebesar 500 m persegi. John Von Neumann yang ialah konsultan ENIAC, meningkatkan mesinnya sendiri yang diketahui dengan Electronic Discrete Variable Computer( EDVAC) pada 1947.

SEJARAH KOMPUTER
univac II
 

Dalam waktu satu detik, ENIAC sanggup memproses 5. 000 perhitungan 10 digit angka yang apabila dicoba secara manual oleh manusia hendak memakan waktu 300 hari. UNIVAC II, salah satu komputer generasi awal yang dibesarkan Amerika Serikat Amati Gambar UNIVAC II, salah satu komputer generasi awal yang dibesarkan Amerika Serikat() EDVAC setelah itu dibesarkan terus dengan nama EDSAC serta UNIVAC. UNIVAC II merupakan komputer awal yang memakai Random Access Memory( RAM) untuk menaruh informasi sedangkan. UNIVAC juga jadi komputer komersil awal. UNIVAC digunakan untuk keperluan sensus di AS tahun 1951. Von Neumann juga dijuluki bagaikan Ayah Komputer Modern. 

Ciri khusus komputer generasi awal:

Komputer generasi awal mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Cuma dapat digunakan untuk satu fungsi dalam satu waktu, 
  • penghitungan saja Memakai vacuum tube Memakai silinder magnetik untuk menaruh informasi Programnya memakai bahasa mesin 
  • Memakai Berdimensi sangat besar 
  • Memerlukan listrik 
  • besar Kapasitas penyimpanan sangat kecil 
  • Membutuhkan mesin pendingin


Posting Komentar untuk "SEJARAH KOMPUTER GENERASI PERTAMA"